Minggu, 25 April 2010

Pupuk Kompos Tablet


Pupuk tablet ini dibuat dari sampah organik dari tempat pembuangan sampah Wonokarto Wonogiri yang berisi sampah rumah tangga kemudian di komposkan dengan menggunakan biostarter turunan EM4. Hasilnya cukup bagus untuk pertanian.


Pupuk kompos tablet ini dibuat dari sampah organik dari pasar Wuryantoro dengan menggunakan Biostarter lokal ditambahkan urine sapi dan ragi. Hasilnya mempunyai C/N ratio 14, dengan kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap.


Pupuk ini dibuat dari sampah organik dari pasar Kota Wonogiri yang berupa sampah sayur mayur, buah-buahan, sisa makananyang di komposkan dengan menggunakan Biostarter tradisional yang terbuat dari mikroorganisme lokal, kemudian ditambahkan feses sapi dan sekam bakar, kemudian dicetak menjadi pupuk granular yang siap pakai oleh petani. Pupuk ini merupakan alternatif bagi petani untuk mengganti atau memperbaiki mikro ekosistem tanah pertanianya sehingga ketergantungan terhadap pupuk kimia dapat dikurangi. Selain itu juga dapat mengolah sampah organik dan dapat diciptakan lingkungan yang bersih bebas dari zat pencemar (polutan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar